Jumat, 09 Maret 2012

Anggota DPRD Sumut Brilian Moktar Minta: Kapoldasu SegeraTindaklanjuti Temuan Kesalahan P2TL

 
 MoU Krisna Simbaputra, General Manager PT PLN
wilayah SUMUT tampak bersalaman dengan Caterine
Widjaja, Presiden Direktur PT Growth Asia  )

Anggota DPRD Sumut Brilian Moktar, SE,minta  Kapoldasu Irjen Pol Drs Wisjnu Amat Sastro  untuk bersikap tegas dengan menindaklanjuti temuan Tim Subdit IV Direktorat Reskrim Umum Poldasu atas kesalahan petugas Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik (P2TL) ketika melakukan uji lapangan di PT Sari Tani Jaya (STJ) di Galang, Kabupaten Serdang Bedagai.

sejak awal pihaknya telah melihat ada indikasi pengkondisian dalam pelaksanaan P2TL dengan me-ngenyampingkan berbagai prosedur sebagaimana ketentuan dalam Keputusan Direksi PLN dan Menteri ESDM tentang P2TL.

Meski dugaan atas pengkondisian dan penyalahgunaan wewenang dalam P2TL itu cukup kuat, tetapi pihaknya me-rasa sulit membuktikannya karena keterbatasan sarana yang dibutuhkan.

Apalagi dalam aksinya, petugas P2TL tersebut sering membawa personil kepolisian berseragam lengkap sehingga membuat takut masyarakat yang menjadi objek P2TL. Padahal polisi yang turun itu belum tahumengenai peraturan dan masalah yang dihadapi. "Seharusnya sebagai petugas hukum, polisi yang mendampingi harus menjelaskan duduk masalah, apabila petugas P2TL tidak menjelaskannya dengan benar" kata Bendahara Fraksi PDI Perjuangan itu.

Namun Brilian Moktar mengaku gembira karena dugaan pengkodisian itu telah ditemukan Tim Subdit IV Direktorat Reskrim Umum Poldasu ketika melakukan cek lapangan di PT STJ pada 9 Januari 2012.

Ternyata, PT STJ yang dituduh melakukan pencurian arus listrik sehingga dikenakan denda sebesar Rp3,299 miliar itu, tidak melakukan kesalahan seperti yang dituduhkan, melainkan adanya indikasi pengkondisian dari petugas P2TL.

Ia menjelaskan kronologis peristiwa berdasarkan temua tim Polasu yang berawal dari laporan PT STJ yang membuat laporan ke PLN Galang pada 25 Mei 2011 karena mengalami gangguan arus. Petugas PLN yakni Suryadi alias Bobo membuat "fuse link" (CO) Phasa "S" yang disambung langsung. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar