Rabu, 27 Maret 2013

Ratusan Pekerja Supermarket Brastagi Demo

 
Karyawan Supermarket Barastagi bersama Serikat Buruh Merdeka Indonesia berunjuk rasa di depan Suparmarket Brastagi di Jalan Gatot Subroto Medan, Selasa (26/3). Mereka menuntut pihak manajemen Supermarket Brastagi Medan CV Sumber Segar Utama memberikan hak-hak buruh, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003. Para pendemo sempat memblokir pintu masuk ke Supermarket itu.

Para pendemo menuntut kejelasan status pekerjaan dengan mengangkat seluruh karyawan kontrak menjadi karyawan tetap, diberi hak normativ sepenuhnya dengan upah sesuai UMSK Medan sebesra Rp1.782.000 serta adanya Jamsostek. Selain itu, pendemo meminta agar tidak lagi ada PHK semena-mena dari pihak manajemen serta tidak melarang buruh untuk berserikat. Begitu juga dengan jam kerja serta peraturan lainnya seperti cuti dan sebagainya.

Setelah berorasi sekitar 1 jam, para pendemo dipersilahkan masuk oleh pihak manajemen untuk melakukan dialog. Sekitar 2 jam berdialog, pihak manajemen dikabarkan memenuhi beberapa point tuntutan pendemo. Namun, beberapa poin belum disepakati karena para pendemo mengaku disuruh menunggu beberapa hari untuk kembali dilakukan pertemuan antara pihak pendemo dan manajemen Brastagi Supermarket dengan pihak Dinas Tega Kerja (Disnaker) di kantor Disnaker.

“Kami disuruh nunggu hingga 7 hari untuk menentukan kesepakatan terhadap beberapa poin dari tuntutan kami, “ ungkap Kusmadi, pimpinan aksi yang ditemui Sumut Pos usai pertemuan dengan pihak managemen Brastagi Supermarket.

Setelah perwakilan yang berdiaolg itu kembali, massa demonstran kembali memblokir pintu masuk Supermarket Brastagi sambil beroras. Namun, aksi itu berlangsung cukup singkat karena massa kembali membubarkan diri dan berkumpul di tenda yang sudah mereka bangun dan sebahagian massa bekumpul di trotoar pemisah jalan di depan Supermarket Brastagi. Sementara di dalam Supermarket Brastagi, aktivitas masih berjalan lancar seperti biasa. Namun, penjagaan ketat dari pihak keamanan Supermarket dan kepolisian tampak di Supermarket itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar